HIJRAH




Apa yang sedang kalian bayangkan saat baca kata diatas? Seseorang yang dulunya brandalan lalu tiba-tiba berubah menjadi lebih alim? Mereka yang jarang menyentuh Al-Qur'an lalu tiba-tiba saja sering membacanya?
Apakah hijrah selalu datang tiba-tiba?
Hijrah tidak datang tiba-tiba bak sulap yang sering kita lihat di tv. Hijrah juga merupakan proses yang dijalani atas kehendak Allah. Hijrah bukan hanya saat mereka mendapatkan hidayah. Hijrah itu berpindah setiap hari, artinya dari kondisi yang buruk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Melaksanakan hidayah yang diberikan Allah setiap hari.
Sering yang nanya ke saya begini, emang orang hijrah harus pakai merubah gaya penampilannya, ya?
Apakah proses hijrah ditandai dengan berubahnya gaya penampilan? Sejauh yang saya amati, iya. Karena mereka yang mendapatkan hidayah dari Allah akan merubah penampilannya sesuai dengan yang diperintahkan Allah azza wajalla. 
Di Al-Qur’an juga disebutkan,  “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mendekatkan jilbabnya  ke seluruh tubuh mereka“. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Ahzab [33] : 59)
Ada kegelisahan di hati mereka jika mereka berpakaian seperti kondisi yang dahulu. Mereka akan tergerak untuk merubah gaya penampilan yang dulunya pakai jilbab kekinian lalu pakai jilbab menutup sampai menutup dada, ada yang dulunya sering pakai celana jeans sekarang pakai rok dan gamis. Alhamdulillah.. 
Apakah hijrah ditandai juga dengan seseorang itu sering mendatangi kajian? Saya juga akan bilang, iya. Karena mereka butuh ilmu, ilmu yang akan membentengi diri mereka dari godaan setan. Mereka mencari lingkungan yang lebih baik, lebih islami…
Lalu apakah seseorang yang hijrah menjadi lebih santun? Iya, saya jawab demikian. Karena mulut mereka secara sengaja diatur oleh Allah agar mengeluarkan kata-kata yang baik. 
Hijrah memang erat kaitannya dengan penampilan, lingkungan, gaya hidup dan pola komunikasi..
Tapi hijrah yang paling penting adalah mengkombinasikan semuanya dengan hati yang ikhlas dan niat hanya karena Allah.. Hijrah karena Allah azza wajalla.. Hijrah karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihiwassallam..
Biar semakin mantaap, coba renungkan ini..
“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niat. Setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan. Barangsiapa yang berhijroh karena  Allah dan RasulNya, maka hijrahnya adalah pada Allah dan RasulNya. Barangsiapa yang hijrah karena dunia yang ia cari-cari atau karena wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya berarti pada apa yang ia tuju (yaitu dunia dan wanita)”  HR. Bukhari no. 6689 dan Muslim no. 1907.
Lalu hijrahmu karena apa? 
Sebelum niatmu salah arah, baiknya ubah niatmu mulai dari sekarang. Tanamkan dihatimu kalau hijrahmu karena engkau ingin digolongkan ke dalam hamba-hamba yang dicintai oleh Allah.. Hijrahmu karena engkau ingin namamu masuk kedalam daftar hamba-hamba yang Allah beri surgaNya.. Hijrahmu karena engkau ingin bertemu Rasulullah Shallallahu ‘alaihiwassallam..
Allah akan sangat senang sekali jika niat hijrahmu karenaNya.. Diibaratkan lebih senang dari orang yang berkelana di padang pasir sedang kehilangan untanya, ia mencari-cari sampai kelelahan lalu tiba-tiba untanya datang sendiri menemuinya..

Komentar

Postingan Populer