PEMUDA DAN MANAJEMEN WAKTU


Bismillah...

Hari Sabtu kemarin diberi kesempatan menyaksikan langsung talkshow dr. Raehanul Bahraen mengenai "Pemuda dan Manajemen Waktu" di Aula Farmasi USU. Saya ingin sharing isi talkshow di blog ini. Semoga bermanfaat.

Mukaddimah yang beliau sampaikan langsung merujuk pada hadist dibawah ini:
Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi RabbNya, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu): tentang umurnya untuk apa ia habiskantentang masa mudanya untuk apa ia gunakantentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya.” (HR. at-Tirmidzi no. 2416, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir jilid 10 hal 8 Hadits no. 9772 dan Hadits ini telah dihasankan oleh Syaikh Albani dalam Silsilah al-AHadits ash-Ashahihah no. 946.

Sering sekali kita membuang-buang waktu dengan percuma. Tidak melakukan hal-hal yang mendatangkan manfaat, lebih banyak berleha-leha dan tidak produktif. Padahal dalam hadist diatas sudah sangat ditekankan umur kita dihabiskan untuk apa saja, masa muda digunakan untuk apa. 

Pemuda zaman now lebih sering mengalami KEKOSONGAN WAKTU dan ini menjadi musuh terbesar bagi mereka. Kekosongan waktu sering mengakibatkan datangnya hal-hal negatif. Beberapa contoh ketika sudah selesai belajar dan tidak tahu lagi harus ngapain biasanya beberapa ada yang langsung bermain game dan nge-cek sosial media. Buka instagram, buka facebook. Awalnya ingin sebentar saja buka sosial media dan akhirnya keterusan berjam-jam hanya untuk buka facebook, instagram ataupun sosial  media yang lain. 

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata, "Yang namanya jiwa kalau tidak disibukkan dengan hal-hal yang haq pasti diisi dengan hal-hal yang bathil".

Manajemen waktu harus dan kudu wajib punya TARGET. Kita harus membuat skala cinta dan prioritas kegiatan mana saja yang paling penting untuk kita lakukan, yang seperti ini bisa kita terapkan ditarget harian. Lalu ada juga yang namanya target bulanan, dimana point-point apa saja yang ingin kita capai, misal dalam satu bulan sudah harus bisa hafal juz 30. Selanjutnya target tahunan bisa kita contohkan dalam satu tahun atau lima tahun kedepan saya sudah bisa membuka usaha sendiri. 
Merencanakan waktu dengan baik adalah kunci terlaksananya target yang telah kita buat. Saya sadari betul bahwa sekarang ini kita mudah ter-distraksi karena hal-hal bathil. Distraksi itu dibahasakan kita sering terganggu atau pecah fokus. 


Bagaimana cara agar kita bisa fokus?
Jauhkan diri kita dari hal-hal yang mengganggu. Contoh smartphone. Saat belajar smartphone kita letakkan di tempat yang jauh dari jangkaun, dan terapkan di diri kita "JANGAN BUKA HP/SOSMED SEBELUM TUGAS SELESAI!"
Cara ini bisa diterapkan agar kita FOKUS dalam mengerjakan tugas. 

Lalu apa kiat selanjutnya?
Adalah ISTIQOMAH dalam manage waktu. Sering kita semangat diawal saja. Untuk itu dibutuhkan istiqomah. Cari teman-teman yang pandai manage waktu, semangat dalam menuntu ilmu agama dan ilmu pendidikan agar kita termotivasi semakin lebih baik. 


Note:
Source pic from google


Komentar

Postingan Populer