SEDANG TIDAK AKTIF DI INSTAGRAM


Uninstall instagram? Iya. Itu yang sedang saya lakukan akhir-akhir ini. Bolak-balik uninstall terus install lagi karena masih bimbang, bakal tahan gak ya gak buka instagram seharian? Bakal tahan gak ya gak lihat stories oranglain? Minimal ya nggak nge-cek instagram setiap setengah jam sekali! Parah banget gue yak... Duh! 

Bad habit saya itu saat baca artikel lima menit aja udah gusar, baca buku sejam aja tangannya udah gak tahan nge-cek handphone dan sering jadi nggak fokus sama hal-hal penting yang sedang dikerjakan. Karena kebiasaan buruk diatas lah yang menyebabkan saya mantep, bulatkan tekad uninstall instagram dari sekarang. 

Kalau kata teman saya, saya sedang terjangkit distraksi online. Mmh.. Distraksi online itu digambarkan seperti ini, lho.. Seringnya kita nge-cek handphone dengan durasi waktu yang cukup lama dan kerjaan lain jadi terhambat karena fokus kita teralih layar handphone terus menerus. 

Dampak buruknya distraksi online buanyaaak. Waktu sering terbuang percuma hanya untuk liat update-an stories, postingan dan sebagainya di instagram padahal kita udah tahu stories yang di update juga kadang nggak informatif, baca buku satu jam aja tangan ini udah gatel cari-cari handphone untuk nge-cek, notif apa yang masuk atau postingan apa nih yang terbaru di instagram? Yang sering buka instagram pasti pernah merasakan hal itu, kan? Nah iyaa.. Sama saya juga. 

Dibawah ini penjelasan lebih lanjut ya tentang distraksi online. 
Dilansir dari tirto.id , keseringan main handphone dapat menurunkan daya ingat, konsentrasi dan perhatian seseorang. Contohnya kesulitan mengingat nama orang yang baru saja diperkenalkan, sering berjalan ke suatu ruangan dan lupa hendak melakukan apa, atau tidak ingat jalan cerita yang terdapat dalam film atau buku yang sedang dinikmati. 

Belum lagi yang dibilang sama Cal Newport di bukunya "DEEP WORK". Penyebab seseorang tidak bisa melakukan deep thinking karena keseringan main gadget. Seringnya kita distraksi dengan notifikasi sosial media membuat kita terjebak dalam shallow activities. Shallow activities itu menghabiskan waktu tapi tidak memberikan hasil nyata yang baik bagi nasib kita. Sementara menurut Cal Newport efektifnya seseorang melakukan pekerjaan secara mendalam itu tiga-empat jam. 

Lah sementara saya.. Sejam baca buku aja udah pengin ngacir ke handphone... Kenalan sama orang baru lima menit kemudian udah lupa namanya. Berbagai sebab kejadian diatas yang membuat saya berani untuk uninstall di instagram dan tidak aktif di sosial media. 

Trus kapan dong aktifnya? 
Ntar kalau udah bisa bagi waktu, bisa deep work dan bisa tahan-tahan diri untuk nggak lihat sosmed terus.. ehehehe

Komentar

Postingan Populer